Inilah Beberapa Manfaat Mendongeng Bagi si Anak

Lifestyle - Ritual mendongeng memiliki banyak manfaat bagi si anak. Selain mengembangkan imajinasi dan kreativitas, mendongeng bisa menanamkan nilai-nilai kebaikan hingga melakukan interaksi lebih dekat dengan anak.

Inilah Beberapa Manfaat Mendongeng Bagi si Anak
Inilah Beberapa Manfaat Mendongeng Bagi si Anak

Kendati demikian mendongeng untuk anak harus yang tepat. berbeda usia anak makan berbeda pula jenis cerita yang bisa di dongengkan pada anak. Berbeda usia anak maka berbeda pula jenis cerita yang bisa di dogengkan pada anak.

"Untuk anak usia PAUD atau di bawah lima tahun sebaiknya didogengkan selama 5-10 menit. Dogengkan cerita yang sederhana. Misalnya burung hantu terbangun, burung hantu berbunyi, burung hantu terbang. Harus ekspresif, tirukan suara dan pakai gestur," ujar Rika Endang Triyani saat ditemui Aduqq.

Sedangkan bagi mereka yang sudah duduk dibangku sekolah dasar (SD), Anda bisa menghabiskan waktu sekira 30 menit atau lebih.

"Ceritakan dongeng yang ada sejarahnya, mereka mulai mengerti atau yang agak lebih berat, misalnya cerita mengandung action biar enggak bosan," kata Rika pada Agen Capsa.

Rika juga menuturkan bila mendogeng bukan dilakukan dalam waktu luang. karena itu ada beberapa waktu terbaik untuk mendongengkan si kecil sesuai tujuannya.

"Kalau mau menanamkan sesuatu dibawah sadar, bisa dilakukan sebelum tidur. kalau anaknya lagi bete, kita bisa mengalihkan perhatiannya dengan cerita dongeng yang enerjik. Makanya penting pendogeng itu harus lihat situasi sebelum mendogengkan anaknya," tutup Rika saat Agen Domino mengakhiri tanya jawab.
Tag : Lifestyle
0 Komentar untuk "Inilah Beberapa Manfaat Mendongeng Bagi si Anak"

Diberdayakan oleh Blogger.
Back To Top